Friday, January 15, 2010

MANFAAT DAUN PEPAYA

Masih berhubungan dengan postingan kami sebelumnya tentang Makanan Berkhasiat Obat, kali ini tentang Daun pepaya. Daun pepaya walaupun rasanya pahit, tapi dapat diolah menjadi masakan yang enak salah satunya buntil, dan juga banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dibandingkan dengan buahnya, kandungan vitamin A dan C daun pepaya jauh lebih tinggi.


Komponen lain yang menonjol pada daun pepaya ini adalah serat pangan. Berikut ini beberapa manfaat serat daun pepaya :

1.  Konsumsi serat pangan yang tinggi (terutama dari daun pepaya) akan memengaruhi mikroflora usus sedemikian rupa, sehingga tidak menghasilkan senyawa karsinogenik penyebab kanker.

2.  Serat pangan dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan ekskresi asam empedu dalam tinja. Hal tersebut akan menurunkan ketersediaan lemak dan kolesterol, sehingga dapat mencegah aterosklersosis dan penyakit jantung.

3.  Serat pangan dapat mencegah sembelit. Di dalam saluran cerna, serat mampu menyerap air dalam jumlah cukup besar, sehingga massa tinja menjadi lunak dan tekanan dalam usus besar berkurang.

4.  Serat pangan dalam daun pepaya sangat baik untuk menunjang program diet. Diet dengan makanan tinggi serat akan sangat membantu program penurunan berat badan. Serat pangan mempunyai kemampuan menyerap air yang cukup tinggi sehingga dapat mengikat zat-zat gizi yang telah disederhanakan oleh enzim pencernaan.

Zat-zat gizi yang larut dan terikat pada serat, selanjutnya akan dikeluarkan melalui tinja. Keadaan tersebut mampu mengurangi ketersediaan zat-zat gizi bagi tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

5.  Serat pangan mampu menyerap air dan mengikat glukosa, sehingga mengurangi ketersediaan glukosa. Diet cukup serat juga menyebabkan terjadinya kompleks karbohidrat dan serat, sehingga daya cerna karbohidrat berkurang. Keadaan tersebut mampu meredam kenaikan glukosa darah dan menjadikannya tetap terkontrol.

So, jangan liat dari rasa pahitnya saja tapi manfaatnya.

Sumber : Kompas

28 komentar:

rumah blogger said...

saya berusaha untuk menjadi yg pertamaxxxx..

sabirinnet said...

mengamankan yang keduaaxx..sukses ya mas

amcied said...

mantafff...
tahank's sering'y...
sukses slalu bos....

Rock said...

Makasih untuk sharingnya sobat...

Local Download said...

wow thanks for tipsnya^^
di tunggu posting selanjutnya..

salam blogger sob :)

blog bisnis internet said...

info yang bagus nih gan......makasih yah...

Awaluddin Jamal said...

Ternyata daun pepaya banyak manfaatnya yah..,

Terima kasih tipsnya..,

Tapi ada gak yah cara supaya daun pepaya tidak terasa pahit..,

Muklis said...

Makasih tipnya karena saya termasuk pengonsumsi daun ini untuk obat sakit perut, bisa langsung plong deh, oh ya kata mak saya daun pepaya biar ga pahit katanya di rebis dengan saringan tanah liat, maaf itu kata mak lho soalnya saya ga suka daun pepaya bila ga pahit, klo ga pahit ya bukan daun pepaya, lho gimana tho, makasih mas atas artikelnya, salam sukses dari Tangerang

aryadevi said...

ya nyambung aja dengan saya mas, karena doyan sekali lalapan, palagi yang pahit2, sperti pare, rebung, daun pepaya juga, jantung pisang..

JOLA76 said...

@ to all = thanks ya

Rock said...

Selamat malam sobat...

Black said...

Banyak juga ya manfaatnya? thanxs dah sharing ya!!!:D

pakde sulas said...

pahit yang bergizi, aku suka krawu daun pepaya dan minum aier rebusan daun pepaya ( pahitan)

maaf aku lama gak berkunjung

ZATYA BAJA ITEM said...

ternyata banyak manfaatnya...selain buahnya enak..hoho..ilmu yg bgus bro

JOLA76 said...

@Rock, @Black, @ZATYA BAJA ITEM = sama2 sobat
@pakde sulas = hebat pakde air rebusannya diminum, apa ga pahit tuh pakde

Rock said...

Selamat pagi sobat Jola...

Gildo Kaldorana said...

Katanya juga, kalau dagin di bungkus pakai daun papaya, cepat empuk.
Salam dari spanyol.

the international times said...

makasih informassinya..tapi rasanya yg pahit itu gw gak tahan heheheh. btw, shoutmix lg erorr tuh gak bisa menampilkan url ganti cbox aza dah heheh :)

sewa mobil murah said...

salam kenal sobat

aa gallery said...

ternyata banyak bgt manfaatnya daun pepaya..

ari craft said...

sob..buntil itu masakan khas mana??kalau saya biasa makan ama pepaya jadi cuma di kukus trs di makan ama sambal wowo enak bgt dan pastinya bergizi bgt.

ayu tri said...

banyak manfaatnya euy..
thanks infonya

MINE-BLOG said...

serat sangat membantu untuk membersihkan usus dan banyak manfaat lainnya, trims infonya

rumah curhat said...

baru tau nih sob. kalo daun pepaya banyak gunanya, selama ini setahu saya cuma buah pepaya aja, yg berguna untuk mata. hehe.

rental mobil murah said...

thanks buat infonya

sewa mobil said...

bener banget tuh, thanks infonya

a charismatic leader said...

pernah juga sih nyobain, dan rasanya pahit banget :(

music improvisation said...

bew.. asikk mkan ni.. :D

Post a Comment

Terima kasih atas komentar sobat blogger semua